Kristus adalah sumber hidup kita

 Renungan Pagi, 20 Agustus 2024

"Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan" (Kol.3:4).

Ekspresi bahagia dan menakjubkan disampaikan oleh Paulus, bahwa Kristus adalah sumber hidup kita. Alasan utamanya adalah bahwa "Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu" (Efesus 2:1). 


Tuhan Yesus juga pernah membangkitkan Lazarus dari kematian dan Dia juga yang membawa kita kepada kehidupan. Dia sekarang adalah substansi dari kehidupan rohani kita. 

Kehidupan kita tentu berasal dari Allah yang hidup; Dia adalah sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Di dalam kuasa-Nya ada kasih, pertolongan, perlindungan dan juga kasih sayang. Masih adakah orang yang menganggap kehidupan dan keberhasilannya berasal dari dirinya sendiri?

Kristus adalah sumber hidup kita 

Lihatlah betapa baiknya Tuhan itu, Dia adalah satu-satu sumber kekuatan, perlindungan dan harapan kita. Karena kasih setia-Nya, maka setiap orang yang percaya kepada-Nya kepada kehidupan. "Inilah roti yang turun dari sorga, barang siapa makan dari padanya ia tidak akan mati" (Yohanes 6:50). 

Para musafir yang lelah dalam gurun dosa ini, engkau tak akan pernah mendapat sepotong kecil apa pun makanan yang dapat memuaskan kelaparan roh-mu, kecuali engkau temukan itu di dalam Dia! 

Kristus adalah penghiburan hidup bagi orang-orang yang percaya. Kebahagiaan sejati kita datang dari Dia; ketika kita dalam masa-masa yang sulit, kehadiran-Nya adalah pengharapan dan kekuatan. 

Kristus adalah sumber hidup kita, ini adalah pernyataan iman kita hari ini. Paulus menyebutkan bahwa hidupnya adalah milik Kristus, karena kasih setia-Nya lebih baik dari pada hidup! (Mazmur 63:3).

Kristus sebagai "sumber hidup kita" berarti hidup orang-orang percaya berasal dan diterangi oleh Kristus. Kristus merupakan pusat dari eksistensi spiritual mereka dan memberikan makna serta arah bagi hidup anak-anak Tuhan sehari-hari.

1. Kristus adalah tujuan utama hidup kita

Kristus adalah tujuan utama hidup kita. Kristus adalah sumber identitas kita sebagai orang percaya. Di dalam kebenaran firman-Nya, kita menemukan siapa kita sebenarnya dan tujuan kita. 

Kehidupan orang-orang percaya sering kali dianggap sebagai perjalanan menuju penemuan dan pemahaman yang lebih dalam tentang siapa Kristus dan bagaimana kita seharusnya hidup menurut kehendak-Nya.

Sebagaimana cepatnya panah melesat menuju sasarannya, begitu juga orang Kristen terbang menuju persekutuan bersama-sama dengan Yesus Kristus. 

Sebagaimana tentara bertempur bagi pemimpinnya, dan dimahkotai dalam kemenangan pemimpinnya, begitu juga orang percaya berjuang bagi Kristus, dan memperoleh kemenangannya dari kemenangan Tuannya. "Bagi dia (Paulus), hidup adalah Kristus" (Filipi 1:21). 

2. Kristus adalah teladan hidup bagi kita

Kristus adalah teladan hidup bagi kita. Kristus merupakan teladan sempurna bagi kehidupan manusia dengan sesamanya. Ajaran dan contoh hidup-Nya memberikan panduan tentang bagaimana kita harus berinteraksi dengan orang lain, menghadapi tantangan, dan mengejar tujuan hidup kita. 

Dengan mengikuti teladan-Nya, kita mendekati cara hidup yang mencerminkan nilai-nilai Kerajaan Allah. Sudah seharusnya Kristus menjadi prioritas dan tujuan utama hidup kita. 

Sebagai anak-anak-Nya, kita harus mengikuti dan meneladani kehidupan-Nya. Marilah kita hidup dengan setia sampai kita kembali kepada-Nya dan menerima mahkota kehidupan.


Sumber Referensi:

Renungan Pagi (diterjemahkan dari Morning and Evening: Daily Readings, Charles H. Spurgeon).

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url