Ia akan bertindak dan menggembalakan

 Renungan Pagi hari Senin, 19 Agustus 2024.

Maka Ia akan bertindak dan akan menggembalakan mereka dalam kekuatan TUHAN (Mikha 5:3). Kalimat "Maka Ia akan bertindak" tentu memiliki arti bahwa Tuhan akan mengambil tindakan. Ini menunjukkan bahwa Tuhan akan secara aktif terlibat dalam sejarah dan kehidupan umat-Nya.

Sedangkan "Akan menggembalakan mereka dalam kekuatan TUHAN" berarti Allah akan memimpin dan merawat umat-Nya seperti seorang gembala merawat domba-dombanya. 


 Allah adalah gembala yang baik, Dia bukan saja memelihata, tetapi juga sebagai tempat perlindungan yang aman.

 Pemerintahan Kristus dalam Gereja-Nya adalah sebagai seorang gembala dan sekaligus raja. Dia memiliki supremasi, tetapi hal tersebut merupakan kekuasaan dari seorang gembala yang bijaksana dan lembut atas kawanan domba miskin yang penuh kasih. 

Ia memerintah dan menerima ketaatan, tetapi ini adalah ketaatan tanpa paksaan dari domba-domba yang terawat dengan baik. Gembala yang baik akan menggembalakan domba-domba-Nya dengan penuh kasih, baik gembala dan domba saling  mengenal dengan baik. 

Bertindak dan akan menggembalakan 

Ia memerintah menurut dengan penuh kasih sayang dan dengan kemurahan. Pemerintahan-Nya memiliki ciri praktis. Dikatakan, "Ia akan berdiri dan memberi makan.” Sang Kepala Gereja secara aktif memelihara umat-Nya. 

Dia tidak duduk di atas takhta dalam keadaan kosong, atau memegang tongkat pemerintahan tanpa memanfaatkannya dalam memerintah. Melainkan, Ia berdiri dan memberi makan. 

Ungkapan “memberi makan" dalam bahasa aslinya, adalah seperti satu analogi dalam bahasa Yunani, yang berarti menggembalakan, berarti melakukan segala sesuatu yang seharusnya dilakukan seorang gembala: membimbing, mengawasi, menjaga, memulihkan, merawat, serta memberi makan.

Pemerintahan-Nya memiliki durasi yang tidak berkesudahan. Dikatakan, "Ia akan berdiri dan memberi makan," bukan "Ia akan memberi makan kadang-kadang saja, dan meninggalkan jabatannya." 

Gembala yang baik akan menjaga kawanan dombanya setiap waktu dan bukan kemudian hari berikutnya membiarkan Gereja terlantar. 

Mata-Nya tidak pernah tertidur, dan tangan-Nya tidak pernah beristirahat; hatinya tidak pernah berhenti berdenyut dengan kasih, dan bahunya tidak pernah lelah memanggul beban-Nya.

Pemerintahan-Nya secara efektif penuh kuasa dalam pelaksanaannya; "Ia akan memberi makan dalam kekuatan TUHAN." Di mana pun ada Kristus, ada Allah; dan apa pun yang Kristus lakukan adalah tindakan Yang Maha Tinggi. 

Sungguh suatu kebenaran yang menyenangkan kita mengetahui bahwa Dia yang berdiri saat adalah Gembala yang Agung.  Dia adalah yang benar-benar Allah, yang kepada-Nya setiap lutut bertelut. 

Berbahagialah kita yang menjadi milik seorang Gembala yang sedemikian, yang kemanusiaan-Nya bersekutu dengan kita, dan yang keilahian-Nya melindungi kita. Mari kita menyembah dan sujud di hadapan-Nya sebagai domba-domba-Nya yang setia.

____________________

Renungan  ini disadur dan diterjemahkan dari Morning and Evening: Daily Readings, Charles H. Spurgeon.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url